Rabu, 19 Oktober 2011

Fitur Baru Blogger, Analisis Statistik Blog

Baru-baru blogger kembali melucurkan fitur baru yang mereka sebuat sebagai STATISTIK. Statistik dilihat dari namanya menujukkan sebuah kata yang bertujuan untuk menganalisis blog kita.

Fitur baru ini (STATISTIK), sementara ini hanya dapat dilihat dengan membuka halaman www.draftblogger.com, dalam arti fitur ini masih dalam bentuk uji coba sebelum dipatenkan di alamat www.blogger.com dalam bentuk dashbord blogger. Lalu, apa saja yang dapat dianlisis dari fitur baru dari blogger ini?.

Statistik blogger ini bertujuan untuk menganalisis beberapa hal tentang blog kita, diantaranya adalah:
  1. Overview
  2. Analisis statistik pada bagian awal ini (overview) memberikan gambaran umum (luas) tentang data-data blog Anda, misalnya halaman yang dibaca oleh pengunjung blog Anda dalam jangka waktu tertentu (misalnya, hari ini, kemarin, satu minggu, satu bulan terakhir, dan secara keseluruhan)
  3. Post
  4. Analisis statitik pada bagian ini adalah memberikan informasi tentang halaman atau postingan yang sering dibaca oleh pengujung blog Anda.
  5. Traffic Sources
  6. Analisis statitik ini memberikan informasi tentang asal usul pengunjung menemukan blog Anda, misalnya dengan menggunakan mesin serach google, facebook, termasuk link sesama blogger, dan lain-lain. Selain itu, dengan analisis Statistik blogger juga memberikan informasi kata kunci "Search Keywords" yang sering digunakan oleh pengujung untuk menemukan blog Anda.
  7. Audience
  8. Analisis statistik bagian akhir ini adalah memberikan informasi tentang pengunjung blog Anda, ada 3 informasi yang diberikan oleh analisis statistik, yaitu:
    1. Asal usul pengujung
    2. Analisis ini menampilkan asal negara pengunjung.
    3. Browser yang digunakan
    4. Menganalisis alat browser yang digunakan oleh pengunjung ketika membaca atau membuka blog Anda. Apakah menggunakan Firefox, Chrome, IE dll, sekaligus menyebutkan informasi tentang blog Anda lebih banyak dibuka dengan alamat browser tertentu.
    5. Sistem operasi yang digunakan
    6. Analisis ini memberikan informasi tentang sistem operasi yang digigunakan oleh pengujung blog Anda.
Sayangnya dengan analisis statistik ini belum dapat diakses tanpa membuka halaman kerja (dashbord) blogger

Tidak ada komentar: